Sabtu, 15 September 2012

Percakapan PART 3: TERBENTUKNYA KEYAKINAN


Dalam keheningan malam disudut ruangan itu

 Saya:  mbak menurutmu bagaimana seseorang membentuk keyakinannya?
 B : sebuah pemahaman atau keyakinan diperoleh dari sebuah pertanyaan yang kemudian dari pemahaman itu menjadi perilaku manusia. Pemahaman(KEYAKINAN) seseorang diperoleh melalui 4 hal fakta yang ada, informasi sebelumnya, panca indra kita,otak untuk mengolah. Jadi pemahaman manusia akan sangat dipengaruhi oleh Empat hal ini.
Saya : tapi terkadang seseorang merasa bahwa pemahaman nya adalah paling benar, padahal menurut saya kebenaran tidaklah mutlak? 
B: Pemahaman manusia juga dicompare oleh faktor insting,naluri atau nafsu itu sendiri. Nafsu,naluriah dan insting ini akan  berusaha mencari pembenaran melalui pemahaman. Sehingga secara tidak langsung kita akan mencari pendukung pada naluri-naluri kita,melalui pemahaman. Salahsatunya dengan mencari informasi sebelumnya yang mampu membenarkan pemahaman kita sehingga nafsu kita seolah benar.Tapi manusia yang baik adalah manusia yang mampu mengendalikan nafsunya,naluri dan instingnya. Inilah yang membedakan kita dengan hewan. Maka pemahaman yang baiklah yang mampu mengontrol nafsu ini.Kebenaran sejati akan membawa kita pada ketentraman luar biasa. Terkadang orang merasa pemahamannya adalah pemahaman terbaik karena dia memiliki dan mampu menjaring  teman-teman,pengikut-pengikut yang memiliki pemahaman yang sama, sehingga dia bisa merasa aman dan tentram dengan keyakinannya, tapi ini belum tentu benar, ketentraman yang timbul atau dimiliki karena dia sadar bahwa banyak orang yang memiliki pemahaman yang sama.ketentraman ini akan menjadi ketentraman semu suatu saat nanti. Tapi coba bayangkan jika sekarang kamu berada di atas perahu kecil ditengah samudra apakah keyakinanmu/pemahamanmu ini benar-benar akan membawa ketentraman bagi batinmu?ibaratkan dirimu pada kondisi benar-benar kosong tanpa pengaruh, rasakan kesendirian itu tanpa siapapun,lalu temukan sendiri apa hal yang benar-benar membuatmu tentram.ikuti cahaya itu jangan lagi berusaha mencari pembenaran. 
Saya: lalu informasi terdahulu dan sesuatu yang paling benar menurut mbak? 
B: informasi yang tidak pernah berubah sepanjang masa,dan tidak pernah salah, tuntunan kebenaran. Al-Quran.

Saya selalu merasa ada 2 macam design besar yang saling bertabrakan dan beradu untuk menciptakan sebuah keyakinan yang universal. Anda memiliki pandangan anda sendiri tentang pemahaman ini, begitu pula saya, orang-orang yang saya temui dan ajak bicara. Tapi yang pasti apapun itu semoga anda menemukan ketentraman batin anda 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar