Minggu, 25 November 2012

Revitalisasi Peran Pemuda dengan Entrepreneur Mindset Sebagai Katalis Daya Saing Global

Ini adalah salah satu essay yang saya ikutkan dalam sebuah acara.... :)


Saat ini pemuda banyak yang mengalami stagnansi dan distorsi peran mereka sebagai pemuda. Pemuda kehilangan pandangan-pandangan visioner, buta akan realitas sosial yang ada, ditambah dengan perilaku individualis, pragmatis, hedonis dan konsumtif menyebabkan menurunnya citra daya saing pemuda sebagai tonggak inovasi dan kedigdayaan suatu bangsa. Untuk itu dibutuhkan suatu revitalisasi mindset atau cara pandang yang dibawa pada sebuah langkah praktis.
Pemuda diangap memiliki peran yang strategis dalam peningkatan daya saing global karena pemuda adalah sosok individu yang produktif dan mempunyai jiwa optimis, berfikir maju, dan berintelektual. Perubahan hampir selalu di prakarsai oleh para golongan muda. Pemuda merupakan pilar bagi kebangkitan bangsa.
            Dahulu pemuda adalah penggerak kemajuan bangsa ini, begitu banyak prestasi yang telah diraih pemuda Indonesia dengan transformasi mitos, logos maupun etos yang membangun karakter kemandirian bangsa. Namun karena saat ini hal itu telah terdegradasi dibutuhkan sebuah perombakan cara pandang pemuda dengan  Entrepreneur Mindset.
Entrepreneur Mindset  Bukan hanya pola pikir tentang menjadi seorang enterpreneur tapi tentang bagimana cara mensinergiskan prinsip-prinsip enterpreneur sebagai sebuah pola pikir. Enterpreneur memiliki satu set inti pola pikir yaitu motivation, determination, passion, problem solvers, innovative, ridiculous work ethic; dan the insane hunger to succeed.  Hal ini dijadikan sebagai sebuah kerangka berfikir dalam setiap aksi untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan yang beradab.
Salah satu set inti pola pikir dari enterpreneur mindset adalah inovasi. Perubahan yang cepat dizaman ini menuntut pemuda untuk beradaptasi terhadap segala perubahan yang ada. Persaingan global ini menuntut para pemuda untuk menguasai tekhnologi, seni dan bahasa.
Akademisi dapat dikatakan memiliki enterpreneur mindset ketika dia memiliki satu set inti pola pikir tersebut, kemudian melakukan hal-hal yang berkontribusi di bidangnya atau berkontribusi pada lembaga-lembaga akademik, hal ini dapat dikatakan peremajaan dalam aspek akademik. Pengusaha muda yang bermunculan memberikan sebuh inovasi baru dan lapangan pekerjaan baru bagi masyrakat merupakan peremajaan dalam aspek enterpreneurship  dan juga profesi-profesi lain.  enterpreneur mindset  harus dimiliki oleh semua kalangan pemuda yang hendak memajukan kehidupan bangsa Indonesia, baik dari kalangan politisi,akademisi, entrepreneur, budayawan, agamawan maupun wartawan.
 Hal terpenting dalam Enterpreneur mindset yaitu kesadaran dan tanggung jawab akan problematika sosial yang ada. Kita sebagai pemuda harus mampu melihat banyaknya masalah sosial yang dihadapi bangsa ini yang membutuhkan sebuah solusi konkrit. Salah satu langkah konkrit yang dapat dilaksanakan adalah Pemetaan dan pembangunan  kepedulian sosial yang kemudian diimplementasikan dalam setiap aspek kebijakan, yang dibarengi dengan quality control dan quality aasurance yang kompeten mampu menjadi katalis daya saing pemuda indonesia di kancah internasional.
Sebagai pemuda Indonesia mari kita membangun sebuah polapikir dan mental yang baik yang diwujudkan dalam sebuah langkah konkrit yang mampu membantu menciptakan kedigdayaan bangsa ini. SALAM PEMUDA!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar