Sabtu, 27 Juni 2015

Seleksi MT (Management Trainee) Garuda Indonesia


Saya punya beberapa cita-cita diantaranya menjadi pendidik dan seorang traveller, karena saya  tidak boleh berangkat menjadi pengajar muda. Maka saya melakukan plan B yaitu mengambil S2 untuk menjadi dosen (sebenarnya ingin ke luar negeri tapi waktu itu belum boleh jauh-jauh dan lagian belum persiapan juga). Tapi seiring berjalannya waktu selama kuliah S2 ada beberapa pertimbangan lagi, khususnya pertimbangan financial. Jadi saat itu saya memutuskan untuk mencari pekerjaan (karena mau jadi pengusaha belum ada modal.hehehe) Mau tidak mau saya harus mengambil plan C, bekerja. Dengan bekerja setidaknya saya mandiri secara financial. Ada banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, jujur awalnya saya tidak ada keinginan atau passion sama sekali menjadi pegawai di sebuah perusahaan. Jadi saya mencoba mendaftar diperusahaan yang related dengan hobi saya yang suka jalan-jalan, akhirnya saya memilih perusahaan transportasi udara milik pemerintah (gaya sok-sokan milih pilih daftar dimana, padahal bisa aja kalau daftar ga diterima hahaha).
Kenapa perusahaan transportasi udara? Karena fikiran saya waktu itu adalah saya ingin mendapat benefit berupa tiket gratis untuk travelling hahaha.
Ada beberapa proses seleksi untuk menjadi MT di Garuda Indonesia
1.      Seleksi administrasi
Dengan syarat-syarat TOEFL, IPK dll
2.      Tes psychometry
Tes ini dilakukan secara online, waktu tes ini akan ditentukan oleh Garuda indonesia dan kita cukup membuka laptop dan sambungan internet kemudian menjawab beberapa test numerik, verbal dan bahasa inggris
3.      Focus group discussion dan wawancara dengan psikolog
Test FGD dan wawancara dengan psikolog dilakukan dihari yang sama di Jakarta. FGD membahas topik tertentu, (saran saya sekali lagi jadilah objective dan berani mengungkapkan argumen namun tetap mau mendengar dan menghargai pendapat orang lain). Kemudian dihari yang sama kita melakukan wawancara dengan psikolog, dalam wawancara ini yang ditanyakan adalah seputar pribadi kita.
4.      Presentation and Business case analysis
Dalam test ini kita akan diberi sebuah business case yang harus kita analysis dalam waktu kurang lebih 30 menit dan juga harus kita tuangkan dalam power point yang kemudian kita presentasikan di hadapan assessor.
5.      Background check
Test ini sedikit berbeda dengan test-test diperusahaan lain. Dalam test ini perusahaan akan melihat latar belakang kita dan keluarga kita. Karena perusahaan airline rentan dengan terorisme dll, maka test ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa calon pegawainya dan seluruh keluarganya tidak pernah terlibat atau terlibat dalam kasus kejahatan, kelompok pemberontak dan sebagainya.
6.      Final Presentation/ pantuhir (penentuan akhir)
Dalam final presentation, kita akan diberikan sebuah case study yang harus kita analysis dan presentasikan dihadapan dewan direksi, tergantung di direktorat apa kita mendaftar. Dalam proses ini ada sekitar 7-10 assessor yang merupakan pejabat dari Garuda.
7.      Briefing Contract
Proses ini adalah tahapan akhir dalam proses seleksi yang ada. Kita dan pihak perusahaan akan menandatangani kesepakatan bersama yang mengikat kedua belah pihak dalam sebuah perjanjian.
Setelah itu kita akan menjadi calon pegawai dan mengikuti pelatihan selama 1 tahun, dan setelah 1 tahun maka akan ada penilaian akhir mengenai performance kita selama proses pelatihan dan presentasi dihadapan direksi.  Setelah dinyatakan lolos, kita baru diangkat sebagai pegawai tetap.

4 komentar:

  1. mohon arahan apakah selama pelatihan kita sudah menerima salary atau kah sebaliknya kita dikenakan biaya-biaya pelatihan.,.,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai selama training kita akan mendapat uang saku, kita tidak perlu membayar biaya pelatihan. :)mungkin waktu saya balas, kamu sudah join di garuda

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus